Belajar PHP untuk Pemula

Belajar PHP untuk Pemula


Apa itu PHP ?

PHP adalah bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat halaman web yang dinamis. PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor yang diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. PHP merupakan script yang menyatu dengan HTML (Hyper Text Markup Language ) dan berada pada server.

Perkembangan PHP cukup cepat, hal ini terbukti dengan adanya versi terbaru PHP 7 serta banyaknya CMS (Content Management System) atau PHP Framework yang dikembangkan dengan PHP sebagai dasarnya seperti Laravel, Yii, CodeIgniter, dan lain-lain. Bagi pemula yang baru mengenal PHP dan ingin belajar PHP, di bawah ini merupakan tips ketika mulai mempelajari PHP.

Memahami HTML

Untuk belajar PHP, pahami juga dasar-dasar dari HTML karena PHP akan disisipkan di antara koding HTML. Secara sederhana, koding HTML yang membuat tampilan sedangkan PHP yang membuat tampilan tersebut menampilkan data secara dinamis. Silahkan pelajari koding dasar HTML jika ingin lebih bagus silahkan pelajari lebih dalam mengenai HTML pada situs tutorial seperti TutorialsPoint.

Saya akan beri contoh sederhana.

Dalam HTML semuanya statis. Anda bisa membuat halaman yang menampilkan “Good Morning” atau “Good Evening” tetapi Anda tidak bisa hanya menunjukkan satu atau yang lain, tergantung pada waktu yang sebenarnya. Dalam PHP anda dapat karena server dapat memproses kode Anda dan mengambil waktu yang sebenarnya dari hari ke hari. Inilah yang logika untuk itu akan terlihat seperti:

if it is before 10am {
<h1>Good Morning</h1>
}
if it is after 6pm {
<h1>Good Evening</h1>
}
otherwise {
<h1>Good Day</h1>
}
basic.php hosted with ❤ by GitHub
Pelajari koding dasar PHP

Setelah mengerti konsep dan dasar HTML, pelajari koding dasar PHP seperti if, else, while, foreach, dan lainnya. Belajar PHP dasar ini bertujuan agar mengerti fungsinya dan kapan harus digunakan masing-masing dari fungsi tersebut. Ketika dasarnya sudah paham, untuk selanjutnya akan lebih mudah dalam belajar PHP.

Buat contoh program PHP

Setelah memahami fungsi dari dasar-dasar PHP, lakukan praktek dengan membuat program dari fungsi PHP tersebut. Bagi developer pemula, hal yang paling penting ketika mempelajari bahasa pemrograman adalah memahami dan mengerti dasar dari bahasa pemrograman tersebut. Untuk mempelajari fungsi dasar PHP dan mempraktekannya bisa kunjungi situs learn-php.org.

Baca dokumentasi

Setelah menguasai perintah dasar dari PHP, cobalah praktekan dalam membuat program dengan menggunakan fungsi-fungsi PHP lainnya. PHP memiliki fungsi yang sangat banyak, untuk mempelajarinya silahkan baca dokumentasi yang tersedia di situs resminya PHP. Dokumentasi sangat berguna ketika para developer kebingungan terkait mengenai fungsi dari PHP.

Pelajari koneksi database

Setelah belajar dasar PHP, sekarang mulai pelajari koding PHP untuk koneksi ke database. Untuk lebih mudahnya, selain belajar melalui dokumentasi, bisa juga belajar dari situs yang membahas pemrograman PHP seperti W3Schools, Codecademy, dan lain-lain.

Pelajari database

Untuk melengkapi pemahaman penggunaan PHP dengan database, silahkan pelajari dasardatabase seperti cara menampilkan data, memasukan data ke tabel, mengubah data, dan menghapus data. Untuk database, bisa pelajari MySQL, MariaDB, atau database lainnya. Untuk pelajari MySQL, bisa mengunjungi situs mysqltutorial.org.


Setelah memahami dasar dan cukup mengerti tentang PHP, pembaca bisa mempelajari Laravel dengan mengunjungi situs resminya atau belajar dari berbagai situs lainnya. Semoga Bermanfaat

Share on Google Plus

About faris sofyan syah

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 comments: