Tips dan cara merawat kura-kura hijau


Dewa dan Dewi, yah itulah nama kura-kura yang gw piara selama ini. Dewa dan Dewi adalah jenis kura-kura hijau. Awalnya gw tertarik buat piara kura-kura karena merasa unik ajah denger klo kura-kura itu bisa hidup ratusan tahun. Gimana yah ngebayanginnya klo kura-kura yang gw piara nanti masih bisa dipelihara oleh anak cucu gw?? Karena itu gw jadi tertarik buat piara. Dewa dan Dewi waktu itu gw beli pas mereka masih kecil banget. Palingan diameter tempurung hijaunya sekitar baru 2-3 cm. Nah gw mao berbagi cerita ni tentang cara merawat kura-kura hijau, sapa tau ada yang mao piara juga.
  • Kura-kura itu hidupnya di 2 alam, air dan darat. Makanya tempat wadah kura-kura selain diisi air juga harus dikasih batu untuk mereka berjemur. Tinggi airnya untuk kura-kura kecil sekitar 3-4 cm. Manfaat dari air tersebut agar kura-kura bisa lebih aktif dan gak diem mulu. O yah, airnya bisa kita ganti 3 hari sekali dan usahakan agar jangan memakai air PAM karena suka ada virus yang bisa merusak tempurung kura-kura. Bisa kita gunakan air yang sudah matang. 
  • Kura-kura bisa dibilang pemakan apa ajah, nasi, kangkung, jangkrik ataupun ikan cere bisa kita berikan. Cacing sutra atau cacing kering juga bisa. Berikan makanan pada kura-kura secukupnya. Jangan terlalu berlebihan, karena dapat membuat air wadahnya menjadi bau dan tercemar. Kura-kura mudah sakit kalau airnya kotor. 
  • Jika tempurung kura-kura udah terlihat berlumut, maka kita bisa membantu buat ngerbersiinnya. Ambil sikat kecil dan gosokan perlahan pada tempurung kura-kura. Jangan keras-keras yah, nanti si kuya bisa nangis..hehe, 
  • Kura-kura juga butuh perhatian kita, ajaklah kura-kura bermain agar mereka tidak bosan dan tetap aktif. Dengan begitu akan membantu memperpanjang umur kura-kura kita. Kebanyakan kura-kura mati lemas karena bosan dan tidak bergerak.
Share on Google Plus

About faris sofyan syah

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

45 comments:

  1. apa dikasih gelembung udara seperti ikan? :)

    ReplyDelete
  2. tidak usah gan.. air nya tidak usah banyak banyak, cukup sebatas tempurung nya saja.

    ReplyDelete
  3. Kura2nya kanibal gk? Tmpatnya bisa di sama'in atau harus pisah2?

    ReplyDelete
  4. tidak gan.. bisa.. punya ane sudah 5 tahun berdua di satuin.. he he he

    ReplyDelete
  5. Kalau makan nya gmn gan? denger denger ada yg bilang 3 hari 1x. Ada juga yang Siang 5butir Malam 5 butir(Pelet). Terus harus di kasih batu juga gan?

    ReplyDelete
  6. untuk punya ane sendiri sehari 2 kali pagi dan sore.. kalo untuk takaran makanannya dilihat dari ukurannya saja.. jangan terlampau banyak memberi makanan nanti cepet keruh airnya.. kasih batu ga wajib.. yg penting airnya jangan banyak2.. cukup sampai batas kaki tidak merendam tempurungnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas kalo airnya melebihi tempurungnya gmn?

      Delete
    2. Mas kalo airnya melebihi tempurungnya gmn?

      Delete
    3. asal airnya sering di ganti, agar tempurung nya tidak berjamur

      Delete
  7. kalo dicampur sama ikan hias boleh ngga?

    ReplyDelete
  8. Kalo bedain mana cewk sma cowok gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di lihat dari bentuk Plastron (tempurung kura-kura bagian bawah), umumnya kura-kura betina memiliki plastron yang cenderung datar atau cembung sementara kura-kura jantan memiliki plastron yang cekung.
      Ekor kura-kura jantan lebih panjang dengan bagian pangkal ekor yang gemuk, sedangkan betina memiliki ekor yang pendek dengan pangkal ekor yang kurus.
      Kuku kaki kura-kura jantan lebih panjang dibandingkan kuku kaki kura-kura betina.
      dan terdapat Hemipenis pada kura-kura jantan.

      Delete
  9. Replies
    1. boleh, yang penting airnya tetap bersih..

      Delete
  10. informasi yang sangat membantu ini mas, makasih banget untuk info nya.
    jika ada waktu bisa berkunjung k blog saya , untuk menjaga tali silaturahmi.
    http://juraganmumut.com/cara-merawat-anak-kura-kura/

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas.. siap mas.. silahkan baca artikel yang lain..

      Delete
  11. Kalo melihara satu doang boleh ga ya? Apa dia harus dipelihara berpasangan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh saja.. tapi kasihan ga ada temen nya .. kura-kura juga butuh pasangan gan .hehe

      Delete
  12. Apa akuarium kura2 harus diberi bebatuan gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga harus.. yg terpenting agan harus tetap menjaga kebersihan airnya. agar si kura2 tidak terserang penyakit.

      Delete
  13. Kira2 kura-kura ijo itu bisa sampe segede apa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika usia 20 tahun, panjang maksimal sekitar 30 cm.

      Delete
  14. q punya 2, tapi yang satu akhir2 ini diem terus, ga mau makan n matanya merem terus.. itu kenapa ya? n mohon solusinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Infeksi bakteri pada mulut. Menular pada jenis hewan lainnya. Kondisi yang serius membutuhkan pengobatan yang cepat. Mulut harus dibersihkan dengan cairan povidone-iodine beberapa kali dalam sehari dengan membersihkan juga sel-sel mati. Antibiotik yang berkontak langsung dengan luka juga efektif dalam melawan Gram-negatif organisma. Tangani hewan yang terinfeksi dengan seksama dan pisahkan dengan kura-kura lainnya secepatnya.

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Gan, kura kura hijau sy gak maw makn pelet. Trs suka ny d tempt yg kering n suka ngumpet di pojokan. Bs d kash makn nasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan nasi gan.. coba beri ikan, udang, daging..

      Delete
  17. Gan Gmana ya caranya agar kura2 pertumbuhannya cepat?

    ReplyDelete
  18. Gan Gmana ya caranya agar kura2 pertumbuhannya cepat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beri makanan yang bergizi dan perhatikan kebersihan air

      Delete
  19. Mau nanya ka, kalau misal tempurung kura2 udah berubah warna gitu. Harus diapakan ya? Trs kura2 nya makan pelet terus2an boleh ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak apa2 berubah warna juga.. ketika kura-kura makin besar warna nya akan berubah.. boleh, selagi masih suka pelet, dikasih pelet aja, kalo sudah tidak suka coba beri ikan, udang atau sejenis daging2an.

      Delete
  20. Gan kura2 hijau saya kok lebih suka di air daripada di darat? Dibiarin aja atau dipindahin?

    ReplyDelete
  21. Gan kura2 hijau saya kok lebih suka di air daripada di darat? Dibiarin aja atau dipindahin?

    ReplyDelete
  22. Mau nanya ka saya baru beli kura" hijau.. Nah di tempatnya aku kasih batu gtu aku pindahin ke batunya mereka diem aja sambil tutup mata.. Itu kecapean terus tidur.. Atau gimana ka? Gehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. rileksasi, ibarat orang berjemur di pantai ^_^

      Delete
  23. Mengajak kura2 bermain itu seperti apa ya kak??

    ReplyDelete
  24. Mengajak kura2 bermain itu seperti apa ya kak??

    ReplyDelete
  25. Mas mau beli daerah cirebon yang paling murah dimana ya....

    ReplyDelete
  26. Gan kalau kura kuranya di kasih pelet ikan gimana ya

    ReplyDelete